Sejarah



 Alih status fakultas di lingkungan IAIN yang berada di luar institusi induk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri yang mandiri berdasarkan KEPPRES Nomor 11 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Agama RI nomor 285 Tahun 1987, telah menantang STAIN Batusangkar untuk mencoba menangkap dan memahami semangat serta nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalam arti dan makna program pemekaran lembaga PTAI  yang dimiliki dan didanai oleh pemerintah tersebut. Sebagai wujudnya maka secara bertahap telah dikonkritkan dengan pembukaan program studi baru, salah satunya adalah Program Studi Tadris Bahasa Inggris. 
Kehadiran Program Studi Tadris Bahasa Inggris di STAIN Batusangkar didasarkan kepada Keputusan Senat tanggal 17 Desember 1997. Proses penerimaan mahasiswa baru untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun akademik 1999/2000. Selanjutnya dilakukan proses perizinan penyelenggaraan program studi yang pada akhirnya dituangkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam No DJ.II/186/2002. Prodi ini dipandang sebagai suatu wadah pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi untuk menghasilkan lulusan-lulusan sebagai tenaga pengajar Bahasa Inggris  di madrasah dan sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama. 
Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar merupakan penyelenggara pendidikan dan pengajaran bidang Tadris Bahasa Inggris. Program Studi ini sebagai pengembang kegiatan akademik dan keilmuan berupaya mempersiapkan lulusan sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd) yang profesional di bidang Tadris Bahasa Inggris, sehingga dapat berkiprah di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.
Landasan kekuatan dan kekokohan Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar secara yuridis formal termaktub dalam Surat Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1997, tanggal 21 Maret 1997 yang ditanda-tangani Soeharto, serta Surat Keputusan tentang Izin Operasional Program Studi berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor DJ.II/186/2002 yang ditandatangani tanggal 28 Juni 2002 dan Terakreditasi B  pada BAN-PT dengan SK Nomor 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 tanggal 26 September 2013. Lalu dengan dikeluarkannya SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 1869/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 Tentang Perubahan Nama Perguruan Tinggi Pada Program Sarjana maka status STAIN Batusangkar berubah menjadi IAIN Batusangkar serta merta masa berlakunya Akreditasi Program studi Tadris Bahasa Inggris diperbaharui sampai dengan 21 September 2018 dengan Akreditasi B.  
Untuk menjamin mutu proses pembelajaran dan hasil belajar, Program Studi Tadris Bahasa Inggris didukung oleh sarana prasarana dan kualifikasi dosen yang profesional dan kompeten di bidangnya dengan kualifikasi pendidikan S2 (13 dosen dan S3(3 dosen) dalam dan luar negeri.

0 komentar :