Senin, 11 Mei 2015

Current Issues on Action Research

Current Issues on Action Research


 Speaker :
Handoyo Puji Widodo, S.Pd., Postgrad. Dipl.Appl. Ling,M.A.,Ph. D
(Editor in Chief of International Journal dan Dosen Politeknik Jember)
Tugas seorang dosen meliputi aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas pendidikan dan pengajaran terealisasikan dengan kualifikasi pendidikan yang sudah dan sedang mereka tempuh dan banyaknya mata kuliah yang diampunya setiap semester. Tugas penelitian terlaksana dengan melaksanakan penelitian yang menjadi wilayah bidang ilmunya baik dilakasanakan dengan dana dari pemerintah maupun dana mandiri, baik secara independen maupun dengan kelompok. Sementara tugas pengabdian kepada masyarakat terwujud dengan keikutsertaan dosen dalam event yang melibatkan kelompok masyarakat yang menjadi sasaran bidang ilmunya.

Masing-masing tugas diatas ada yang bisa dilaksanakan secara terpisah ada juga yang bisa dilaksanakan secara terpadu. Tugas yang dilaksanakan secara terpisah hanya memungkinkan dosen melaksanakan tugasnya hanya sebatas apa yang tertera dalam surat tugas, seperti mengajar, melaksanakan penelitian atau menjadi juri pada salah satu event tertentu. Sementara ada tugas yang secara terpadu bisa dilaksakan, misalnya sambil mengajar juga melaksanakan penelitian, sambil melakukan penelitian juga melaksanakan penelitian.

Komunitas guru khususnya guru bahasa Inggris di SMP dan SMA serta Madrasah adalah target potensial dosen dalam rangka melaksanakan penelitian dan sekaligus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Mereka adalah kelompok masyarakat yang perlu ditingkatkan dalam melaksanakan tugas mengajarnya juga dalam melakukan tugas penelitian dikelasnya. Oleh karena itu perlu ada program pendampingan bagi guru=guru tersebut diatas dalam meningkatkan kompetensinya.
Prodi bahasa Inggris STAIN Batusangkar, dalam rangka meningkatkan kompetensi staf pengajar dalam meneliti dan melaksakan pengabdian masyarakat perlu mengadakan kegiatan untuk maksud diatas. Oleh karena itu prodi TBI akan melakukan kegiatan Visiting Doctor bertema: New Paradigm in Classroom Action Research.
Adapun kegiatan ini bertempat di Auditorium STAIN Batusangkar yang berlangsung 1 hari tanggal 11 Mei 2015 dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB.
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah Pengetahuan / wawasan dosen, mahasiswa serta guru-guru sekolah/madrasah mengenai New Paradigm in Classroom Action Research.. Menginisiasi program pendampingan bagi guru-guru sekolah/madrasah dalam menghasilkan proposal penelitian CAR. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, guru-guru Bahasa Inggris se-kabupaten Tanah Datar serta mahasiswa.
 














SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :