Sabtu, 27 Agustus 2016

Seminar dan Validasi Kurikulum berbasis KKNI


 

Seminar dan Validasi Kurikulum berbasis
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
IAIN Batusangkar
Narasumber : Abdul Hadi, M.A., Ph.D


Pada Tahun 2016, mau tidak mau Indonesia harus ikut dalam Asean Global Community. Hal ini menuntut terbukanya Indonesia untuk asing, baik untuk sektor industri, ekonomi, ketenagakerjaan dan pendidikan. Dengan demikian, sektor pendidikan akan terkena dampak langsung dari globalisasi ini. Perguruan Tinggi di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang akan bekerja di masyarakat haruslah memenuhi standar yang diakui secara internasional.

Menyikapi hal ini, pendidikan di Indonesia harus menyesuaikan kualifikasi standar kompetensi lulusan, baik untuk pendidikan formal, pendidikan non formal dan keahlian. Hal ini diwujudkan dengan adanya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Oleh karena itulah kurikulum yang dipakai di IAIN Batusangkar  harus mengaju pada kurikulum berbasis KKNI. Sebuah kurikulum yang akan digunakan sudah seharusnya divalidasi oleh pakar kurikulum, sehingga ketika digunakan sudah valid menurut pakar.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka kelompok keilmuan Bahasa Inggris memandang bahwa perlunya draft kurikulum Jurusan Tadris Bahasa Inggris untuk divalidasi oleh seorang pakar kurikulum.Validasi Kurikulum ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 di IAIN Batusangkar dengan mendatangkan pakar kurikulum dari UIN Suska Riau yaitu Bapak Abdul Hadi, M.A., Ph.D.

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :